Cara Membuat Grup di WhatsApp

Bagaimana cara membuat grup WA serta juga menambah anggota grup WA dengan mudah? ketiga topik ini sangat berkaitan dalam hubungan orang yang mempunyai kelompok sosial media atau di dunia maya.

Tidak jauh berbeda dengan kakaknya yakni Facebook dengan fitur yang lebih komplete dengan grup & Fanspage, bahkan ada dalam lingkup yang lebih kecil yakni multiple chat pada FB Messenger.

Kita tidak lagi diharuskan untuk berkumpul bersama dalam satu tempat jika ada suatu hal yang harus dibahas bersama, bahkan kita sudah bisa melakukan video call grup lebih dari 2 orang secara bersamaan dalam satu layar.

Sobat juga tidak lagi harus mencetak poster berlembar-lembar, karena bisa menyebar poster ke grup WhatsApp. Belakangan ini teman-teman kita sudah banyak yang memanfaatkan grup WhatsApp untuk menyebar undangan pernikahan.

Namun, grup WhatsApp terkadang menjadi target promosi yang akhirnya sangat mengganggu pengguna WhatsApp, apalagi jika punya banyak teman yang berjualan online dan mereka biasanya akan promosi produk mereka ke grup WhatsApp.

Jangan khawatir, kalian bisa keluar dari grup WhatsApp dan menghapus riwayat obrolan grup dari smartphone kalian, secara bertahap akan kami bahas tutorialnya disini.

Pertama akan kita bahas bagaimana cara membuat grup WhatsApp, sebelum memulai pastikan sobat sudah memasang aplikasi WhatsApp versi terbaru karena pada tutorial ini digunakan WhatsApp terbaru.

Fungsi & Tujuan Sebuah Grup WhatsApp

Karena WhatsApp merupakan sebuah platform chat messenger maka fungsi grup dalam WA seperti halnya sebuah komunitas dalam dunia nyata, setiap anggota saling tegur sapa dan tolong menolong, namun apakah sama dengan fungsi dan tujuan grup WA

1. Untuk Bertukar Informasi.

2. Sebagai Wadah Diskusi, Grup Belajar dan Saling Bertukar Opini, untuk mencari solusi ataupun keputusan dalam keadaan tertentu.

3. Agar terjadi efisiensi saat penyebaran informasi karena bisa tersedia langsung di dalam grup WA kepada semua anggota grup tanpa terkecuali.

Pada dasarnya fungsi dan tujuan grup WA tidak jauh dari ketiga hal diatas, meskipun realitanya masih banyak hal yang melatarbelakanginya.

Kelebihan Fitur Grup Dalam WhatsApp

Jadi apa saja kelebihan dari fitur grup pada WA, padahal masih ada Facebook Grup, BBM Grup, Line Grup dan Telegram Grup, apasaja kelebihannya?

1. Jaringan luas, hampir semua orang yang memiliki HP di Indonesia mendownload dan install aplikasi WhatsApp

2. Aplikasi yang stabil serta dukungan keamanan informasi yang bagus.

3. Adanya fitur Video Call grup, yang sangat membantu jika sobat ingin mengambil sebuah keputusan sedangkan semua admin sedang tidak bisa berkumpul.

Setelah bahas kelebihan tidak afdol rasanya jika tidak membahas perkara kekurangan dari sebuah fitur dalam aplikasi.

Kekurangan Fitur Grup Pada WhatsApp

Disamping kelebihan yang admin sukai, ada juga kekurangan yang menurut kami cukup menyebalkan yang ada pada WhatsApp grup, apa saja?

1. Jumlah keseluruhan anggota yang terbatas.

2. Adanya batasan size ukuran saat upload foto dan video dalam grup, ini juga yang menjadi biang kerok gagalnya upload foto atau video di WA bahkan pada chat pribadi sekalipun.

3. Setiap anggota baru tidak memiliki akses informasi pada chat baik teks, foto, video, file dokumen bahkan voice note sebelumnya.

Semoga bisa menjadi pertimbangan sobat semua jika ingin membuat sebuah grup di WA. admin sendiri lebih suka grup dalam bentuk forum, karena biasanya model grup yang aktif dalam sehari bisa membuah kuping sakit.

Dengan banyaknya notifikasi yang seakan seperti hujan peluru tanpa henti, ribuan chat setiap hari hanya pada satu grup saja haha.. jadi ini dia cara membuat sebuah grup di WhatsApp.

Cara Membuat Grup di (WA) WhatsApp

Kami akan bimbing kalian untuk bisa membuat sebuah grup di WA agar bisa baik dan benar, nanti kami akan beri tahu juga tips membuat nama grup yang bagus dan keren.

1. Buka aplikasi WhatsApp. Jika sobat sudah masuk menggunakan akun WhatsApp, akan tampil daftar riwayat obrolan. Klik titik 3 di sudut atas kanan layar untuk membuka menu.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 1 2. Kemudian klik opsi Grup Baru.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 2

3. Kemudian pilih beberapa orang untuk diundang ke dalam grup baru dengan cara diklik atau disentuh. Sobat tidak perlu repot-repot scroll untuk mencari kontak yang akan sobat undang ke grup. Sobat bisa mencari nama kontak dengan klik lambang kaca pembesar untuk melakukan pencarian nama kontak.

Kontak yang terpilih akan tampil di bagian atas layar. Sobat bisa batal memilih kontak dengan cara klik tanda X yang ada di kontak. Setelah selesai memilih anggota grup, klik lingkaran hijau dengan tanda panah yang ada pada bagian bawah kanan layar.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 3

4. Kemudian beri Nama grup dan Foto grup.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 4

5. Pilih lokasi dari foto yang akan di gunakan sebagai Profil Grup, Admin contohkan foto berada di galeri, maka sobat bisa pilih opsi Galeri.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 5

6. Masuk ke lokasi foto di simpan, Admin contohkan berada di folder download maka sobat bisa pilih opsi Download.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 6

7. Pilih gambar yang sudah disiapkan.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 7

8. Sesuaikan ukuran gambar dan jika sudah selesai pilih opsi Selesai.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 8

9. Setelah itu klik lingkarang hijau dengan tanda centang untuk membuat grup baru. Nama grup dan foto grup juga bisa sobat ubah setelah grup terbentuk.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 9

10. Grup berhasil dibuat dengan anggota yang sudah sobat pilih.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 10

Sampai saat ini masih mungkin kalian akan berganti nama yang lebih bagus, mengganti deskripsi grup, menambah admin grup, menambah anggota, hingga mengganti foto profil grup WA, semua masih perlu pertimbangan.

Kemudian bagaimana jika ada teman sobat yang ingin gabung ke grup yang sudah terbuat? Selalu ada kemungkinan untuk menambah anggota dalam grup. Berikut kami bahas caranya:

Cara Menambah Anggota Baru di Grup (WA) WhatsApp

Setelah membuat grup, sekarang saatnya sobat untuk menambah anggota baru agar grup lebih rame dan semakin aktif serta bertabur informasi dari para member yang ada.

1. Buka grup yang sobat miliki, pilih titik 3 yang ada di bagian atas layar kanan.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 11

2. Pilih Info Grup.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 12

3. Informasi mengenai grup akan di tampilkan, scroll kebawah lalu klik Tambah Peserta untuk menambah anggota.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 13

4. Pilih calon anggota baru, selanjutnya klik lingkarang hijau dengan tanda centang di bagian kanan bawah.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 14

5. Calon anggota beru telah berhasil dimasukan ke dalam grup.

Cara Membuat Dan Menghapus Group Whatsapp 15

Sobat juga bisa keluar dari grup WhatsApp jika sobat merasa ada grup yang mengganggu bahkan keluar dari grup yang sobat buat sendiri. Perlu diketahui akan ada pemberitahuan di ruang obrolan bahwa sobat telah keluar dari grup.

Jika sobat tidak ingin ketahuan bahwa sobat keluar telah kami bahas pada artikel sebelumnya, Atau sobat bisa mematikan notifikasi bisa menjadi alternatif jika sobat merasa masih ada keperluan dalam grup tersebut,

Mematikan notifikasi yaitu kalian tetap berada di dalam grup namun tidak menerima pemberitahuan jika ada aktivitas di dalam grup. karena biasanya grup yang aktif bisa simultan chat ratusan interaksi bahkan ribuan pesan teks, foto, video, file dokumen bahkan voice note setiap hari.

Adakah Batasan Jumlah Karakter Subjek Grup WhatsApp?

Secara umum ketika membuat grup WhatsApp biasanya hanya terdiri dari 2 samapi 3 kata saja dan kurang lebih dalam penggunaan karakter sudah mencapai 15 karakter. Ternyata sobat hanya bisa membuat maksimal 25 karakter saat membuat nama grup WhatsApp.

Nama Grup yang terlalu panjang juga tidak sangat di sarankan dan tidak efektif, kekuranganya adalah untuk dapat melihat detail nama grup harus masuk ke info grup dan nama grup juga akan terpotong pada halaman utama WhatsApp.

Apa Perbedaan Mengundang Anggota Grup Dengan Cara Manual Dan Via Tautan Undangan?

Mengundang anggota grup secara manual berarti, Admin grup memilih langsung calon anggota yang dia inginkan tanpa harus memberitahu dulu kepada calon anggota yang dimaksud.

Sedangkan mengundang via tautan, berarti Admin grup memberikan sebuah link kepada orang yang di harapkan mau bergabung karena memiliki kepentingan yang sama dan calon anggota tersebut memiliki pilihan apakah mau ikut bergabung atau tidak.

Tentunya undangan via tautan ini hanya di sarankan untuk orang yang bisa diberikan kepercayaan atau orang yang Admin percaya saja jadi bukan untuk setiap orang.

Nah itulah cara membuat grup di WhatsApp serta cara menambah anggota grup baru, silahkan di bookmark halaman ini jika dirasa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share tutorial ini kepada teman kalian 🙂

Category:
Tips
Tags:

,

Coba dulu yakan

Pasti sukses